August 20, 2008

PKS Siap Hadang Putra SBY

elasa, 19 Agustus 2008 | 22:22 WIB

JAKARTA, SELASA - Jalan putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhi Baskoro menuju Senayan tidak akan mudah. Edhi Baskoro yang oleh Partai Demokrat diusung sebagai wakil rakyat periode 2009-2014 dan ditempatkan di Dapil VII Jatim meliputi Pacitan, Ponorogo dan Magetan, akan mendapatkan pesaing yang cukup berat.

Setidaknya, sinyal itu sudah dikirimkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). PKS menempatkan anggota DPRD Jatim yang juga Ketua Dewan Syuriah PKS Jatim, Rofiq Munawar sebagai caleg nomor satu pada Dapil yang sama dengan Edhi Baskoro.


Sekjen PKS, Anis Matta saat menyerahkan daftar bakal calon (balon) anggota legislatif partainya ke KPU, Selasa (19/8) mengatakan, meski Pacitan dan sekitarnya merupakan basis Presiden Yudhoyono yang berarti keuntungan besar bagi Edhi Baskoro, namun PKS tidak khawatir. "Kami optimistis. Insya Allah PKS di sana akan dapat kursi sesuai target," ujar Anis kepada wartawan di kantor KPU, Jakarta.

Anis Matta mengaku bahwa optimistismenya bukan tanpa alasan. Ia yakin, Rofiq Munawar akan mampu merebut simpati warga di Dapil Jatim VII. Menurutnya, Rofiq Munawar punya modal lebih dari cukup untuk bersaing. "Beliau orang Jatim. Anggota dewan syariat dan mengenal wilayah itu dengan baik. Beliau juga relatif dikenal di masyarakat setempat karena dulu Ketua DPW PKS Jatim," ujar Anis.

Meski begitu, Anis Matta menyatakan bahwa PKS sebetulnya tidak sengaja menempatkan Rofiq Munawar satu Dapil dengan Ibas, panggilan Edhi Baskoro. Ia juga menyangkal jika penempatan Rofiq tersebut adalah untuk menjegal Edhi Baskoro yang sebelumnya dikabarkan akan maju lewat Dapil Jakarta. "Saya kira itu kebetulan saja. Tidak ada kata menjegal atau apa lha. Saya juga baru tahu kalo dia (Edhi Baskoro) dicalonkan di situ. Tapi yang jelas PKS optimistis," sambung Anis Matta.

Selain Rofiq, PKS juga mengusung nama-nama populer dalam daftar caleg. Diantaranya mantan Presiden PKS, Hidayat Nurwahid yang bertarung di Dapil V Jateng. Presiden PKS, Tifatul Sembiring akan maju dari Dapil Sumut I. Mantan Wakapolri, Adang Daradjatun akan maju lewat Dapil III Jakarta. Sedangkan Anis Matta sendiri maju lewat Sulsel I. Semuanya berstatus sebagai Caleg nomor satu.

PKS mengusung 573 Caleg dengan komposisi 373 caleg laki-laki dan 200 caleg perempuan. Dari sisi usia, Anis menegaskan bahwa 80 persen caleg PKS berusia di bawah 40 tahun. Caleg termuda adalah Asep Teguh Firmansyah (25) dari Gorontalo. dan yang paling tua adalah Janawir (72) dari Jambi. (Had)

(DISADUR DARI KOMPAS ONLINE)

No comments: