May 14, 2009

BAPAK HERAWANSYAH YANG SAYA KENAL

Siapakah Ir. Herawansyah,MT.,M.Sc. itu? Beliau adalah Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Bengkulu (Kabid CK DPU Bengkulu). Beliau baru beberapa bulan menduduki jabatan tersebut. Sebelumnya beliau adalah Pejabat Pembuat Komitmen atau Pimpinan Proyek Pembinaan Teknis Gedung Bangungan DPU Bengkulu, masih dalam struktur Bidang CK.

BAPAK HERAWANSYAH YANG SAYA KENAL

Oleh: Mardi Sahendra*

Siapakah Ir. Herawansyah,MT.,M.Sc. itu? Beliau adalah Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Bengkulu (Kabid CK DPU Bengkulu). Beliau baru beberapa bulan menduduki jabatan tersebut. Sebelumnya beliau adalah Pejabat Pembuat Komitmen atau Pimpinan Proyek Pembinaan Teknis Gedung Bangungan DPU Bengkulu, masih dalam struktur Bidang CK. Beliau dapat dikategorikan sebagai seorang pegawai negeri sipil yang masih muda menduduki jabatan Kabid CK. Banyak orang mengatakan beliau termasuk pegawai yang cepat mendapatkan jabatan oleh karena keberhasilan beliau dalam menjalankan tugas dengan cepat dan berkualitas. Menurut saya, tidak jauh berbeda dengan pendapat orang lain. Beliau adalah sosok anak muda yang energik dan efektif dalam bekerja. Bagi dirinya, kerja adalah sebuah ibadah bukan sebuah kewajiban. Prinsip inilah yang dipegang oleh beliau dalam bekerja, sehingga kerja seberat apapun tidak menjadi beban hidup, tetapi sebuah ladang untuk beramal. Inilah praktek spiritualitas dalam bekerja, seperti yang dilakukan oleh beliau selama ini.
Beliau juga memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia. Semua orang yang kenal dengan beliau, pasti memuji kecantikan sang istri. Beliau adalah orang yang tepat dalam istri. Namun, bagi beliau factor kecantikan bukanlah hal utama. Menurut nya, istri haruslah orang yang dapat membina anak-anak yang dilahirkannya menjadi manusia-manusia yang saleh dan saleha. Kehadiran tiga orang buah hatinya, semakin melengkapi kebahagian beliau dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Kehadiran sang buah hati semakin menyemarakkah hari demi hari beliau. Anak-anak beliau menjadi motivasi yang terus-menerus semangat dalam hidup di dunia fana ini. Adalah sashi, ariel, dan alya yang selalu menjadi penyejuk mata beliau dikala sedih. Mereka bertiga menjadi penenang hati dikala gundah-gulana. Mereka bertiga juga menjadi hiburan yang bisa menghilangkan tekanan kerja yang dihadapi oleh beliau. Beliau dan istri selalu seiya dan sekata dalam menjalani hidup ini, mengarungi lautan kehidupan yang berombak dan dalam, menerabas semua ujian dan cobaan hidup dengan kelapangan dada dan kesabaran. Ini potret keluarga muda yang harus ditauladani bagi pasangan muda lainnya.

Beliau adalah sosok pemuda yang giat dalam kegiatan organisasi kemasyarakatan berbagai bidang. Saat ini beliau adalah salah satu pengurus teras dari sebuah persatuan olahraga catur seluruh Indonesia cabang Bengkulu. Hobilah yang menjadikan beliau bergabung dalam organisasi tersebut. Kehobian beliau main catur membuat beliau suka berstrategi, karena bermain catur itu butuh perencanaan dan strategi yang baik. Hal ini tentu diterapkan juga oleh beliau dalam menata hidup pada umumnya, dan pekerjaan pada khususnya. Orang yang mempunyai perencanaan dan strategi dalam bekerja adalah orang yang focus dalam mencapai semua tujuan yang telah digambarkan dalam otak kanan. Ini merupakan salah satu bentuk atau manifestasi dari berpikir virtual. Boleh dikatakan beliau adalah sosok yang smart dan taktis. Bukan hanya saya saja yang mengatakan beliau smart, baik dalam lingkungan keluarga maupun kolega serta stafnya, mengatakan hal yang sama. Jadi ini merupakan suatu pernyataan yang objektif. Bilamana beliau bukan orang yang smart, logikanya mana mungkin beliau bisa mendapatkan promosi jabatan dalam usia yang masih terbilang muda. Tentu semua itu membutuhkan usaha yang tidak gampang. Dan beliau sangat mengerti bahwa otak adalah asset yang mesti dijaga dan dipelihara. Lewat catur, beliau ingin selalu mengasah dan mengolahragakan otaknya agar semakin optimal untuk digunakan.
Beliau juga sosok yang memiliki spiritualitas. Di awal sudah disebutkan, beliau menganggap kerja itu ibadah bukan sebuah kewajiban atau beban hidup. Bekerja itu adalah sunatullah agar manusia bisa mengelola bumi dan semua sumber daya yang ada dengan baik untuk kesejahteraan manusia itu sendiri. Orang yang bekerja dengan orientasi ibadah tentulah mendapatkan ganjaran dari ALLAH SWT. Untuk mengoptimalkan potensi kesalehan yang dimilikinya, beliau juga aktif dalam kegiatan muhammadiyah, yang merupakan organisasi kemasyarakatan terbesar kedua di Indonesia setelah nahdltul ummah. Keterlibatan beliau dalam organisasi tersebut tidak lepas dari keturunan dalam keluarga. Orang tua beliau termasuk salah satu tokoh muhammadiyah yang disegani di daerah ini. Kakek dan nenek beliau juga termasuk tokoh pendiri muhammadiyah dan aktif menyuburkan kegiatan keagamaan di Bengkulu. Darah muhammadiyah tersebut juga mengalir dalam darah beliau. Sebuah kewajaran jika beliau ingin membela dan memajukan wajiha muhammadiyah. Beliaupun mencoba untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan ibadah dan memajukan sarana-sarana ibadah muhammadiyah. Bagi beliau, muhammadiyah adalah salah satu persyarikatan yang harus diberdayakan dan dimajukan untuk kepentingan umat islam Indonesia maupun dunia. Darah islam dan muhammadiyah itu telah mengalir terus-menerus di urat nadinya dan sulit dipisahkan.

Inilah sekilas tentang Bapak Ir. Herawansyah, MT.,M.Sc. yang saya kenal selama ini. Pribadi beliau patut menjadi contoh yang baik bagi para pemuda. Marilah kita melihat seseorang itu dari kepribadiannya yang positif dan bermanfaat bagi orang banyak. Adapun sikap dan perilaku negative yang ada dalam pribadi beliau, hal itu merupakan sebuah kekurangan yang dimilikinya. Menyikapi hal itu, kita kembalikan ke penilaian kita masing-masing.

*Penulis adalah Staf PTBG-DPU Propinsi Bengkulu.


No comments: