August 09, 2008

ACA PALEMBANG

hampir satu minggu saya berada di kota palembang. dikota ini saya job training di asuransi central asia (PT Asuransi ACA) dibagian underwriting/issued policy dan claim. minggu pertama saya bertugas sebagai staf claim departement. banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. mengutip pendapat pimpinan cabang ACA Palembang, Bapak Harun, "bagian klaim itu adalah bumper pertama dari asuransi." artinya jika bagian klaimnya salah dalam proses klaim,otomatis semua bagian akan ikut rugi. kalo dipikir-pikir bagian ini sangat berat.tetapi itulah tantangannya. saya dituntut untuk lebih teliti dan hati-hati ketika mendapatkan laporan klaim.

kantor cabang ACA palembang menurut saya sangat sibuk sekali.tidak ada waktu untuk bersantai-santai dalam bekerja.bayangkan saja,setiap hari rata-rata ada 5-7 laporan klaim.belum lagi menyikapi nasabah yang mau menangnya sendiri dan "cerdas". dibagian klaim saya juga belajar bagaimana menyikapi nasabah yang berbeda-beda watak/karakternya. belajar mengendalikan emosi dan sinkron dengan logika kita dalam memproses klaim.suasanya memang penuh tekanan.tetapi itu harus dinikmati bagaimana kita bisa bekerja dengan tim.pada prinsipnya semua orang itu baik,cuman bagaimana dia bisa mengendalikan orang yang tidak baik yang ada di dalam dirinya (hawa nafsu/XXX).

apa yang kita pelajari selama kuliah sangatlah berbeda jauh dengan praktek kerja. makanya kita disarankan untuk ikut organisasi mahasiswa supaya kita tahu bagaimana menghadapi banyak orang dan berbicara didepan publik secara clear.bekerja itu adalah seni berhubungan orang baik.tidak selamanya kita akan dibelakang meja atau dilapangan.hidup itu harus seimbang supaya jiwa kita seimbang juga. banyak sekali style yang harus kita lakukan dan pelajari.tapi ingat,jangan sampai terbelenggu oleh pengalaman pribadi. jangan sampai pengalaman pribadi kita menghambat kreatifitas kita dalam bekerja.ingat jangan sampai kita lupa untuk selalu belajar dalam hidup ini,baik teori maupun praktek.sekolah setinggi-tingginya,kalau perlu jadi profesor.tekunilah pekerjaan kita.positif thinking.jujurlah selalu.tingkatkan spiritualitas dan ritualitas kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

so....open mind dan berpikir jernih dalam belajar.berusahalah untuk melakukannya dan jangan malu untuk bertanya.semangat selalu untuk bekerja dan jangan terpengaruh dengan orang yang akan merampas mimpi indah mu didunia dan akhirat.
goog luck bro!
semoga Tuhan Yang Maha ESa selalu memberikan hidayah dan barokah-Nya.amin
ttd
MARDI SAHENDRA,S.Sos (MA,Ph.D)

No comments: